Menerapkan Hidup Sehat Anak

Banyak anak yang pada saat usia pertumbuhan sekitar 1 sampai 3 tahun ternyata berat badannya sedikit kurang dari berat rata-rata anak seumurannya. Ada yang berumur 14 bulan dengan berat “hanya” 9,2 kg — ada yang usia 18 sampai 24 bulan bahkan hanya dengan berat 10kg. Namun sang anak-anak tersayang tidak menunjukkan hal-hal yang mencurigakan, sebaliknya mereka tetap tampil sangat ceria dan aktif, dalam kata lain, tidak berbeda dengan anak lain yang sama umurnya. Hal ini juga biasanya dikemukakan oleh para DSA, asalkan si anak sehat dan tidak ada kecurigaan dalam pertumbuhannya, maka tidak ada yang perlu terlalu dikhawatirkan. .

Walaupun demikian, bukan berarti masalah berat badan yang kurang menjadi hal yang diabaikan begitu saja. Biasanya insting dan pengamatan seorang ibu cukup berperan dalam menentukan apakah ada sesuatu yang salah dengan anak tersebut. Seperti, kecurigaan akan BAB anak yang terlalu sering setiap harinya ternyata membuktikan — dari test laboratorioum faeces — bahwa sang anak mempunyai kemampuan menyerap karbohidrat yang kurang dalam pencernaannya, sehingga dianjurkan oleh DSA yang bersangkutan untuk memberikan asupan ezim seperti Pancreon dan harus menghindari susu biasa untuk sementara waktu.

2 responses to “Menerapkan Hidup Sehat Anak

  1. Tepuk anak sehat.hehehe

  2. anak saya 11 bulan, berat 6,1 kg. lahir 2,2 kg. tetapi menurut dokter berat badannya rendah. si kecil sudah minum susu khusus, hasilnya kurang menggembirakan. makannya banyak, sehingga begitu membaca artikel ini, saya berpikir, bahwa si kecil pun mempunyai masalah di pencernaannya. dimana saya harus memerikasanya? selain ke dokter anak?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s