Agar anak tidak manja

Sifat manja anak juga terjadi dalam hal keinginan untuk selalu dekat dengan orang tua. Tidak jarang anak yang sudah dalam usia sekolah masih selalu berrebut dengan adiknya yang balita untuk mendapatkan belaian dari ibunya.

Merengek, menangis, dan uring-uringan. Reaksi itu bentuk perilaku anak manja saat permintaannya tidak dipenuhi. Bagaimana sikap orangtua menghadapi anak manja?

1.Orang tua harus mempunyai kemauan untuk tidak lagi memanjakan anak. Perilaku manja salah satunya karena selama ini apa saja yang mereka inginkan selalu dituruti.

2. Mulailah untuk tidak memanjakan anak dan ajarkan hidup mandiri dari hal-hal yang kecil. Misalnya biasakan anak mengambil baju seragam sendiri, mengambil makan atau minum sendiri.

3. Tindakan untuk tidak memanjakan anak seharusnya juga dilakukan oleh orang tua atau pengasuh yang lain, tidak hanya oleh satu orang saja.

4. Komunikasilah dengan anak, bahwa seharusnya untuk usia saat ini mulai mempunyai tanggung jawab. Jelaskan mengenai prioritas, bahwa tidak semua yang diinginkan harus terpenuhi.

5. Jika anak masih mengabaikan perintah orang tua dengan merengek atau menangis, berikan pengertian bahwa tindakan itu tidak benar. Berikan pelukan dan dukungan untuk menenangkan anak.

Karena itu, kenali 10 tanda perilaku anak di bawah ini, dan segeralah bertindak untuk menanganinya.

1. Mereka menangis dan berteriak bila ingin sesuatu.

2. Suka merajuk sambil terlentang di lantai dan tak mau bangun.

3. Sering marah dan bahkan memukul anda ketika anda menghukumnya

4. Mengabaikan pertanyaan anda.

5. Bersikap kasar pada orang dewasa dan anak-anak lainnya.

6. Menolak berbagi mainan atau perlakuan tertentu dengan anak lainnya.

7. Suka pamer, dan menjadi pusat perhatian diantara kelompoknya.

8. Selalu menginginkan yang dimiliki orang lain. Bila telah berhasil memilikinya, mereka selalu menginginkan sesuatu yang baru.

9. Kamarnya berantakan dan tak mau membereskannya, hingga anda mengalah melakukannya.

10. Menolak untuk tidur.

Apa yang harus dilakukan anda sebagai orang tua ?

Biasakanlah memberikah hadiah bagi perilaku baik, dan hukuman bagi perilaku buruk. Bila anak anda berteriak karena menginginkan sesuatu, jangan berikan dan ambilah apa yang mereka suka.

Bila mereka tak mau beranjak dari lantai saat marah, angkatlah, dan masukkan mereka ke dalam kamar hingga tenang dan minta maaf.

Bila mereka mengabaikan perintah anda melakukan sesuatu, hukumlah segera. Suruh berdiri di sudut ruangan dan jangan boleh beranjak sebelum minta maaf.

Jangan belikan semua yang mereka minta. Biasakan mereka berusaha untuk mendapatkan sesuatu. Bila kamarnya berantakan, jangan boleh keluar kamar hingga kamarnya rapi dan bersih.

Tetapkan waktu tidur. Secara teratur kembalikan mereka ke tempat tidur. Setelah itu mereka akan berhenti keluar dari kamar. Anda harus menegaskan pada mereka bahwa tak ada pilihan lain.Hargailah anak anda dan berikan hadiah ketika mereka melakukan hal yang baik.

Banyak orang tua yang cinta anak-anak mereka terlibat dalam berbagai kegiatan dan mereka lakukan suka ada trendi dan agak mahal pakaian. Tetapi kadang-kadang saya merasa ini mungkin tidak selalu menjadi yang terbaik bagi anak-anak kita. Where do you draw the line?

Anak-anak hari ini sangat beruntung. Mereka memiliki banyak kegiatan untuk dipilih dibandingkan dengan apa yang tersedia tiga puluh tahun yang lalu. Namun, orang tua mungkin cautioned ke luangkan waktu dan memutuskan …. Itu benar-benar Anda anak terbaik bunga bahwa ia mengambil putaran berikutnya kegiatan? Apakah anak Anda memerlukan barang-barang mahal?

6. Orang tua harus konsisten untuk tidak memanjakan anak, tidak hanya satu atau dua hari saja lalu kembali menajakan mereka.

7. Berikanlah pujian jika anak tidak lagi merengek saat meminta sesuatu, sehingga anak mengerti bahwa orang tua senang saat dia mulai berubah.

Merengek, menangis, dan uring-uringan. Reaksi itu bentuk perilaku anak manja saat permintaannya tidak dipenuhi.

One response to “Agar anak tidak manja

  1. Berarti Angel dulunya bukan anak manja dunk😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s