Pengen Tahu Bakat Anak

Bakat anak dapat diketahui sejak bayi.Untuk itu, ketika hamil, ibu dapat melakukan berbagai hal yang dapat menstimulasi perkembangan otak bayi. Di antaranya dengan membacakan cerita atau sekadar mengajak bayi mengobrol. ”Penelitian menunjukkan otak bayi dapat merespons kondisi di luar, telinga bayi tersebut dapat mendegar apa yang ibu katakan.Atau bisa juga dengan mendengarkan musik atau menari.”Pemunculan bakat memang tergantung pada stimulus yang diberikan orangtua. Bakat yang dimiliki anak saat ini belum tentu menjadi eksistensinya kelak ketika dewasa. Namun, sudah merupakan kewajiban orangtua untuk menumbuhkan sekaligus mengembangkan bakat anak sejak dini. Makin dini anak menerima stimulasi, maka makin baik.

Orangtua juga dapat mengenalkan anak dengan berbagai benda edukatif yang dapat merangsang kemampuan motoriknya pula, yakni dengan cara mengamati dan meraba.

Ajak anak untuk berkreasi sesuai imajinasinya, beri kertas berwarna dan mintalah ia untuk mengguntingnya sesuai keinginan, lalu menempelkannya di buku gambar. Bisa pula dengan mengajak anak bermain pasir dengan menggunakan mainan yang dimiliki. Selama orangtua kreatif, ada banyak bahan yang dapat digunakan dan tidak mahal yang terdapat di sekitarnya.

tahu bakat anak

Jeannie Wilson, seorang pakar pendidikan, memberikan beberapa strategi:
1. pertimbangkan kegemaran anak,
2. carilah nasihat profesional, mengikuti konsultasi karier, tes bakat dan minat,
3. baca buku-buku yang dapat membantu mengetahui keterampilan anak secara tepat,
4. pilih bidang karier yang berpotensi untuk berkembang.

Oleh karena itu proses penggalian akan dimulai dengan mengetahui bidang-bidang apa yang menjadi minat terbesar anak kita. Memang benar dalam usia dini seorang anak cenderung berpindah dan berganti-ganti minat, namun jika kita sabar dan telaten untuk mencatat dan membimbingnya maka lambat laun akan kita temukan minat yang benar-benar konsisten yang ditunjukan anak kita.
Penemuan Minat terbesar ini merupakan titik kunci dan akan kita uji dengan bakat yang dimikinya, artinya apabila anak kita meminati suatu bidang, apakah ia juga cepat sekali menguasai bidang yang diminatinya tersebut. Jika kedua hal tersebut saling melengkapi, maka itulah yang dimaksud sebagai potensi dasar anak yang siap di kembangkan untuk menjadi profesinya kelak. Baru setelah itu orang tua bisa menentukan langkah strategis, jalur pendidikan apakah yang paling cocok ditempuh untuk menjadikan anaknya yang terbaik dibidang tersebut.

2 responses to “Pengen Tahu Bakat Anak

  1. very nie to blogs tanks site admin

  2. Artikel menarik..dan blog yang keren dan bermanfaat…
    Nama saya Kak Zepe…
    saya juga punya artikel tentang manfaat bernyanyi buat anak..klik saja
    http://creativeparenting-kakzepe.blogspot.com/2011/09/bernyanyiyuk-bernyanyi-buat-sang-buah.html
    saya juga punya kumpulan lagu anak..
    lagu-lagu saya sudah banyak dipakai di TK dan PAUD seluruh Indonesia..
    Bisa didengerin di http://lagu2anak.blogspot.com
    Mau bertukar link?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s