Tingkah laku anak cermin sifat orangtua

Lingkungan sangat mempengaruhi tingkah laku anak.Mulai dari orangtua,eyang,pengasuh,serta orang-orang disekitarnya. Jika tidak berhati-hati dalam mengasuh anak,anak akan mendapatkan contoh tingkah laku yang buruk untuk dirinya. Tutur kata yang halus ketika kita mengajak anak berbicara membuat anak meniru bertuturkata halus,tetapi bila sebaliknya maka anak akan terbiasa berkata kasar dan tidak sopan seperti yang telah ia tiru. Orangtua sangat berperan penting dalam hal ini. Orangtua harus pandai-pandai mengendalikan emosi ketika anak rewel,memberikannya ketenangan ketika anak berada diantara orangtuanya. Maka akan tercipta hubungan orangtua dan anak yang sangat erat.Dengan demikian anak akan merasa aman berada dekat dengan orangtuanya,bahagia,periang,tumbuh menjadi anak yang cerdas dan berbakat.Sebab bila kasihsayang yang dibutuhkan anak terpenuhi maka anak akan menjalani hidupnya dengan bahagia, tidak berpikir stres. Sehingga perkembangan anak menjadi cepat dan tidak ada hambatan.Jika sang ayah memberikan contoh yang baik bagi anak-anaknya. Anak mudah sekali meniru apa yang dia lihat dan menjadikan lingkungan sebagai model kehidupan. Mulai dari ucapan, misalnya kata-kata yang mudah untuk diikuti. Atau, tingkah laku yang dilihat dari tontonan film.

Orangtua pada umumnya menjadi model utama bagi anak. Karena ayah dan ibu adalah dua orang yang berperan dalam pola asuh anak sejak dia hadir ke dunia. Maka, jangan kaget bila cara saat orangtua marah maupun saat menunjukkan kasih sayang, semua akan ditiru dan dipelajari anak.Contoh yang baik, akan lebih melekat pada anak bila diiringi dengan penjelasan. Apa manfaatnya senang membaca buku, apa keuntungannya berjamaah di masjid dan sebagainya.
Dengan begitu, anak secara perlahan mulai mengerti tentang pentingnya melakukan perbuatan-perbuatan itu. Sehingga yang diharapkan adalah anak melakukan perilaku tersebut secara sadar dan menyenanginya, bukan karena paksaan.

mengawasi tingkahlaku anak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s