Keharmonisan Rumah tangga kunci sukses untuk mendidik anak

Anak akan mendapatkan pendidikan dan arahan yang sempurna dari orangtua jika kehidupan rumah tangga kedua orangtuanya baik-baik saja. Suasana kehidupan rumah tangga yang harmonis akan menciptakan rasa kasih sayang yang sepenuhnya untuk si buah hati. Sebaliknya keluarga yang selalu cekcok,tidak ada kepercayaan satu sama lain,kehidupan bersama yang dipaksakan,tidak memiliki komitmen hidup bersama,dll. Seperti contoh masing-masing dahulu mempunyai masalalu, karena keduanya memutuskan untuk menikah maka tentunya keduanya harus menerima pasangan masing-masing dengan apa adanya.Bukannya malah membalas kelakuan salah satu pasangan ketika istri telah mengatakan yang sejujurnya tentang masa lalunya yang kelam begitu pula dengan masalalu suami yang sama. Kemudian suami membalas dengan selingkuh sana-sini. Hal ini akan membuat kehidupan rumah tangganya hancur.Bukannya masa depan lebih penting dari pada memikirkan masa lalu yang hanya membuat pusing,tidak berkembang,anak terbengkelai?

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan dalam terbinanya rumah tangga yang harmonis :
1. Komunikasi intesif dengan anggota keluarga. Jangan hanya antara suami istri saja, komunikasi yang erat dan intim juga diperlukan untuk semua anggota keluarga bahkan anggota keluarga dari kedua belah pihak.
2. Jujur dan Terbuka. Kejujuran terkadang menyakitkan namun dengan jujur apapun itu masalahnya dapat didiskusikan untk mencari jalan keluar terbaik.
3. Hilangkan prasangka buruk. Dalam otak bawah sadar manusia seringkali dipenuhi dengan prasangka-prasangka buruk terhadap orang lain. Prasangka buruk yang menguat akan menjadi keyakinan dan sangat buruk dampaknya terdapat hubungan terhadap suami-istri dalam keluarga. Sebaliknya ketika seseorang berprasangka baik yang terbentuk adalah kekuatan dasyat untuk menguatkan hubungan harmonis dalam keluarga.
4. Buatlah komitmen jangka panjang. Dengan berkomitmen maka tujuan awal dapat tercapai dengan kekuatan baik dari istri maupun suami.
5. Saling memberi hadiah pada momen khusus. Anda pasti merasa bahagia apabila pasangan memberikan hadiah pada momen istimewa, hari ulang tahun, ulang tahun perkawinan, promosi dan seterusnya. Hadiah adalah wujud apresiasi terhadap pasangannya dan menjadi penghargaan bagi pasangan.
6. Berubah untuk jadi lebih baik. Tidak perlu menunggu pasangan merubah dirinya menjadi lebih baik. Mulailah dari diri sendiri. Dengan bertekad merubah kelakuan buruk diri sendiri maka pasangan juga lambat laun akan merubah kelakuan buruknya karena melihat tekad Anda mempertahan rumah tangga.

keluarga harmonis didik anak maksimal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s